Ruteng, 18 Juni 2024, Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik (PKK) STIPAS St. Sirilus Ruteng mengadakan acara pembukaan pelaksanaan ujian penilaian pembelajaran akhir (PPA) angkatan ke-18 tahun ajaran 2023/2024. Acara  ini dilaksanakan di Aula STIPAS St. Sirilus Ruteng dan dihadiri Ketua STIPAS St. Sirilus Ruteng, Ketua Prodi PKK, Senat Dosen dan Mahasiswa peserta ujian PPA Angkatan ke – 18 tahun ajaran 2023/2024. Susunan acara adalah sebagai berikut: Pembukaan oleh MC, Lagu Indonesia Raya, Sambutan Ketua Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik (PKK) STIPAS St. Sirilus Ruteng, Doa  dan Sesi Foto Bersama: Dosen dan Peserta Ujian PPA.

Ketua Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik (PPK), Emanuel Haru, S.Fil, M.Si dalam sambutanya menyampaikan beberapa hal penting.

  1. Hari ini merupakan titik akhir dari seluruh perjuangan anda selama kurang lebih 4 tahun masa studi di Lembaga Pendidikan STIPAS St. Sirilus Ruteng ini;
  2. Penilaian Pembelajaran Akhir (PPA) berupa ujian skripsi merupakan syarat akhir yang harus dijalani seorang calon sarjana Strata Satu (S1);
  3. Kemampuan mahasiswa dalam menemukan masalah, merumuskan, menganalisis dan memecahkan masalah, baik di bidang pastoral secara umum pun di bidang Pendidikan yang tertuang dalam karya ilmiah/ skripsi, adalah kompetensi yang harus dimiliki seorang sarjana. Dengan demikian ia siap untuk mendarmabaktikan dirinya di Tengah Masyarakat;
  4. Selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Keagamaan Katolik (PKK) STIPAS St. Sirilus Ruteng, kami menyampaikan limpah terima kasih kepada para dosen yang telah mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran untuk membimbing para mahasiswa dalam proses yang sudah dilewati. Di Tengah kesibukan menjalankan tridarma perguruan tinggi, persiapan borang reakreditasi Prodi dan reakreditasi institusi, para dosen tetap meluangkan waktu untuk membimbing mahasiswa, mulai dari penentuan judul penelitian, penyusunan proposal sampai penyusunan skripsi.
  5. Pengorbanan para dosen seringkali tidak diimbangi dengan semangat mahasiswa dalam menyelesaikan tulisan akhirnya. Buktinya ujian PPA yang sedianya dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 20024, harus diundur ke tanggal 18 Juni 2024 (hari ini). Hal ini karena sebagian besar mahasiswa tidak memiliki komitmen yang kuat untuk menyelesaikan tulisan akhir secepatnya.
  6. Kami berterima kasih kepada para mahasiswa yang memiliki komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan tulisan akhir ini pada waktunya. Semoga semangat seperti ini akan terus dibawa ke tengah masyarakat Ketika anda nanti mulai berdarma bakti di tengah Masyarakat. Sedangkan yang sebaliknya ditinggalkan di sini.
  7. Kami mengucapkan selamat mengikuti ujian Penilaian Pembelajaran Akhir (PPA) bagi anda sekalian. Semoga sukses. Untuk yang masih dalam proses, kami mengucapkan selamat berjuang. Tuhan memberkati.
  8. Akhirnya seijin Romo Ketua STIPAS St. Sirilus Ruteng dan sambil memohon berkati dari Tuhan Yang Mahakuasa, saya membuka secara resmi ujian Penilaian Pembelajaran Akhir (PPA).  

Leave a Comment